pages

Sunday 2 October 2016

Sejarah, kenapa bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional

blog.bahaso.com

Kehidupan pada abad ke-21 ini akan terasa tidak lengkap  dan ketinggalan kalau tidak bisa berbahasa Inggris, pasalnya bahasa Inggris adalah bahasa yang telah mendunia atau juga sering disebut dengan sebutan bahasa internasional, tidak ada lagi bangsa dan negara serta suku tertentu yang ada didunia ini yang tidak mengenal bahasa Inggris,  walaupun masih banyak yang tidak bisa berbicara dalam bahasa Inggris, akan tetapi hampir semua negara di dunia ini mengenal yang namanya bahasa Inggris.

Pada era globalisasi ini semua orang dari berbagai negara berlomba-lomba untuk bisa berbicara dalam bahasa Inggris, akan tetapi taukah anda kenapa bahasa inggris dijadikan bahasa Internsional.

Kenapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional

Nah pada kesempatan kali ini, mari kita gali sejarahnya kenapa bahasa Inggris dijadikan bahasa Internasional, pasti ada sebab-sebabnya kenapa bahasa Inggris dijadikan baasa Internsional, diantaranya :

a.    Inggris merupakan  negara yang paling banyak  wilayah jajahannya diseluruh dunia. Oleh sebab itu bahasa inggris sangat familiar dan lebih banyak digunakan diberbagai Negara, terutama Negara jajahan Inggris. Oleh karena itu bahasa Inggris lebih cepat menyebar ke berbagai belahan dunia.

b.    Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa tertua yang ada di dunia dan berasal dari dataran Britania yaitu sekitar abad ke 8.

c.    Selain bahasa inggris merupakan bahasa tertua yang ada di dunia, bahasa inggris mempunyai perkembangan kosa-kata yang sangat pesat. Menurut tim riset gabungan peneliti Havard University dan Google mencatat penambahan kosa kata bahasa tertua di dunia itu mencapai 8.500 kata pertahun. Kini jumlah total telah mencapai 1.022.000 kata. itu merupakan jumlah kosakata yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan negara kita tercinta ini.

d.    Negara Inggris merupakan negara yang maju Hal itu terlihat dari inovasi dan penyebaran ilmu pengetahuan yang banyak dari Negara barat. Ilmuwan-ilmuwan, essay-essay, dan inovasi mengalami perkembangan yang  sangat cepat. 

e.    Bahasa Inggris merupakan bahasa yang memiliki tata bahasa yang lengkap dan rapi serta mudah untuk dipelajari.

Sebenarnya bahasa inggris juga mengalami perkembangan dan pembaharuan seiring berjalannya waktu sama halnya dengan bahasa-bahasa lain yang ada di dunia ini. Mulai dari abad ke-15, bahasa Inggris berubah menjadi bahasa Inggris Modern, yang seringkali ditarik bermula dengan Great Vowel Shift (“Pergeseran Bunyi Besar”).

Setelah itu bahasa Inggris mulai banyak mengambil kata-kata pungutan dari bahasa-bahasa asing, terutama bahasa Latin dan bahasa Yunani semenjak zaman Renaisans. Karena banyak kata-kata dipinjam dari bahasa yang berbeda-beda, dan ejaan bahasa Inggris bisa dikatakan tidak konsisten, maka risiko pelafazan salah kata-kata cukup tinggi. Namun sisa-sisa dari bentuk-bentuk yang lebih kuna masih ada pada beberapa dialek regional, terutama pada dialek-dialek di West Country.

Pada tahun 1755 Samuel Johnson menerbitkan kamus penting bahasa Inggris pertama, yang berjudul Dictionary of the English Language.



Sumber:

wikipedia.org
pascapbi.uad.ac.id
odebhora.wordpress.com




No comments :

Post a Comment