pages

Saturday 8 October 2016

Sejarah Perkembangan Ilmu Politik Dunia

youtube.com

Pada abad ke-21 ini, siapa yang tidak kenal yang namanya Politik, Politik telah banyak di bicarakan oleh bangsa-bangsa di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Populernya  kata Politik tidak terlepas dari kehidupan bernegara oleh suatu masyarakat didunia ini.

Sepintas kata Politik memang sudah tidak asing lagi bagi kita, karna baik orang awam maupun orang yang sudah berpendidikan tinggi sekalipun sangat sering membicarakan hal ini, akan tetapi keduanya pasti  berbeda dalam memandang Politik itu sendiri.

·         Orang awam pasti menganggap politik itu sebagai pekerjaan serta peran-peran para elit-elit politik, seperti kader, anggota dan simpatisan partai-partai tertentu, untuk memperjuangkan visi-misinya melalui sebuah pemilihan, baik itu di ranah Eksekutif seperti Presiden,Gubernur, Bupati/Walikota, dan ranah Legislatif seperti DPR-RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Tanpa memikirkan bahwa semua orang merupakan bagian daripada politik itu sendiri.

·         Orang yang berpendidikan pasti sudah tahu bahwa dirinya juga merupakan bagian dari politik dan manusia itu sendiri tidak terlepas dari yang namanya politik.  


Perkembangan Ilmu Politik

Ilmu politik adalah salah satu ilmu tertua dari berbagai cabang ilmu yang ada. Sejak orang mulai hidup bersama, masalah tentang pengaturan dan pengawasan dimulai. Sejak itu para pemikir politik mulai membahas masalah-masalah yang menyangkut batasan penerapan kekuasaan, hubungan antara yang memerintah serta yang diperintah, serta sistem apa yang paling baik menjamin adanya pemenuhan kebutuhan tentang pengaturan dan pengawasan.

Pada Masa Yunani Kuno

Ilmu politik diawali dengan baik pada masa Yunani Kuno, membuat peningkatan pada masa Romawi, tidak terlalu berkembang di Zaman Pertengahan, sedikit berkembang pada Zaman Renaissance dan Penerangan, membuat beberapa perkembangan substansial pada abad 19, dan kemudian berkembang sangat pesat pada abad 20 karena ilmu politik mendapatkan karakteristik tersendiri.

Pengertian Politik Menurut Para Ahli

·         Paul Janet: Politik adalah ilmu yang mengatur perkembangan Negara begitu juga prinsip- prinsip pemerintahan, Pendapat ini didukung juga oleh R.N. Gilchrist.

·         Max Weber: Politik adalah sarana perjuangan untuk sama-sama melaksanakan politik atau perjuangan untuk mempengaruhi pendistribusia kekuasaan baik di antara Negara-negara maupun diantara hukum dalam suatu Negara.

·         Plato dan Aristotele: politik adalah suatu usaha untuk mencapai masyarakat politik yang terbaik didalam politik, manusia akan hidup bahagia karena memiliki peluang untuk mengembangkan bakat hidup dengan rasa kemasyarakatan yang akarab dan hidup dalam suasana moralitas.

Sejarah Singkat Ilmu Politik

Ilmu politik sebagai pemikiran mengenai Negara sudah dimulai pada tahun 450 S.M. seperti dalam karya Herodotus, Plato, Aristoteles, dan lainnya. Di beberapa pusat kebudayaan Asia seperti India dan Cina, telah terkumpul beberapa karya tulis bermutu. Tulisan-tulisan dari India terkumpul dalam kesusasteraan Dharmasatra dan Arthasastra, berasal kira-kira dari tahun 500 S.M. Di antara filsuf Cina terkenal, ada Konfusius, Mencius, dan Shan Yang(±350 S.M.).



Sumber:
Sospol.pendidikanriau.com





No comments :

Post a Comment