pages

Thursday 6 October 2016

Sejarah Perkembangan Ilmu Kedokteran

mocks.ie

Pada abad ke-21 ini salah satu disiplin ilmu yang paling terkemuka salah satunya adalah ilmu Kedokteran, perkembangannya yang sangat pesat telah banyak melahirkan ahli-ahli dibidang ini.

Kedokteran (Medicine) adalah ilmu dan praktik dari diagnosis, pengobatan, dan pencegahan penyakit, kata medicine berasal dari bahasa latin medicus, yang berarti “Dokter”, Kedoktetaran meliputi berbagai praktik perawatan kesehatan yang berkembang untuk mempertahankan dan memulihkan kesehatan dengan pencegahan dan pengobatan penyakit.

Kedokteran kontemporer menggunakan ilmu Biomedis, penelitian biomedis, genetika, dan teknologi medis untuk mendiagnosis, mengobati, dan mencegah cedera dan penyakit, biasanya melalui obat-oabtan atau bedah, tetapi juga melalui terapi yang beragam, antara lain, psikoterapi, splint dan traksi eksternal, peralatan medis, biologis, dan radiasi pengionisasi.

Sejarah Singkat Tentang Ilmu Kedokteran

Pada awalnya, sebagian besar kebudayaan dalam masyarakat, mereka menggunakan tumbuh-tumbuhan herbal dan hewan untuk tindakan pengobatan, Ini sesuai dengan kepercayaan magis mereka yakni animisme, sihir, dan dewa-dewi. Masyarakat animisme peracaya bahwa benda matipun memiliki roh atau mempunyai hubungan dengan roh leluhur.

Kedokteran telah ada selama ribuan tahun, selama sebagian besar dari itu adalah seni (area dari ketrampilan dan pengetahuan) yang sering memeliki hubungan dengan keyakinan agama dan filsafat dari budaya local, misalnya, seorang dukun akan menggunakan tanaman obat dan berdoa untuk kesembuhan,atau filssuf dan dokter kuno akan menegeluarkan darah menurut teori humoralisme.

Dalam abad-abad terakhir sejak munculnya ilmu pengetahuan modern, kebanyakan dari kedokteran telah menjadi kombinasi seni dan ilmu pengetahuan (baik dasar dan  terapan, di bawah payung ilmu kedokteran) sedangkan teknik jahitan adalah seni yang dipelajari melalui praktek, pengetahuan yang terjadi pada tingkat sel dan molekuler pada jaringan yang dijahit muncul melalui ilmu pengetahuan.

Perkembangan Ilmu Kedokteran Pada Masa Arab Kuno

Pada abad ke-7 M, terdapat banyak ilmuan Arab yang sangat hebat. Ilmuan-ilmuan Arab tersebut menguasai berbagai ilmu pengetahuan, Ilmu Kedokteran salah satunya, Dokter dan Ilmuan hebat yang berasal dari dunia Arab, diantaranya adalah Al-Razi. Al-Razi adalah dokter pertama yang dapat mengidentifikasi penyakit Cacar dan Campak. Pada zamannya, Al-Razi adalah seorang Dokter yang paling agung serta sangat produktif menulis buku. Oleh karena itu, kemasyuran Al-Razi tidak hanya didunia timur, tetapi juga didunia barat sehingga diberi gelar the Arabic Galen. Buku berjudul Al-Hawi merupakan ensiklopedia tentang terapeutik yang ditulis oleh Al-Razi, buku tersebut sangat tebal, beratnya mencapai 10 kg, karyanya tersebut sangat berharga dan telah dijadikan buku rujukan di Eropa.

Ilmu Kedokteran Pada Masa Kini

Ilmu kedokteran yang seperti dipraktikkan pada masa kini berkembang pada akhir abad ke-18, dan awal abad ke-19 di Inggris (oleh William Harvey, abad ke-17), Jerman (Rudolf Virchow), dan Perancis (Jean-Martin Charcot, Claude Bernard). Ilmu kedokteran modern, kedokteran “ilmiah” (di mana semua hasil-hasilnya telah diujicobakan) menggantikan tradisi awal kedokteran Barat, herbalisme, humorlasime Yunani, dan semua teori pra-modern. Pusat perkembangan ilmu kedokteran berganti ke Britania Raya, dan Amerika Serikat pada awal tahun 1900-an (oleh William Osler, Harvey Cushing).


Referensi:
Wikipedia.org

malahayati.ac.id

No comments :

Post a Comment