pages

Sunday 2 October 2016

Sejarah Singkat Tentang Asal Usul HP (Handphone)

via: csdnews.com

Di era abad ke-21 ini, akan terasa hampa jika seseorang tidak memiliki handphone (HP) karena kebutuhan manusia pada zaman modern ini sudah sangat komplek, jarak jauh bukan lagi halangan untuk bisa terhubung satu sama lain, handphone dengan kecanggihannya mampu menghubungkan satu sama lain tanpa batasan waktu dan tempat yang berjauhan.

Akan tetapi pernahkah  kita terpikir darimana asal-usul kecanggihan itu semua,alat yang bisa untuk komunikasi tanpa batasan jarak jauh  bukan serta merta tercipta begitu saja, butuh proses yang panjang dan memakan waktu yang tidak sedikit untuk bisa melahirkan smartphone seperti sekarang, pada kesempatan kali mari kita telusuri bersama asal usul benda ajaib itu tersebut.

Sebelum kita berbicara lebih jauh alangkah lebih baiknya kita mengetahui makna dari HP (handphone) tersebut:

Pengertian HP (Hendphone)

Hendphone adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa kemana-kemana (portable/mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel wireless).

Asal Usul dan Penemu Telephone Genggam

Martin Cooper adalah penemu telepon genggam yang pertama, dia  adalah  seorang karyawan Motorola pada tanggal 03 April 1973, walaupun banyak yang menyebut penemu telepon genggam adalah sebuah tim dari salah satu divisi Motorola (divisi tempat Cooper bekerja) dengan model pertama adalah DynaTAC. Ide yang dicetuskan oleh Cooper adalah sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel.

Akan tetapi ada juga sumber yang mengatakan bahwa penemu telephone genggam adalah Alexander Graham Bell, dia adalah seorang pengajar orang tuli dan bisu dan mempopulerkan system yang disebut bahasa visual.

Pada tahun 1874 saat dia mengerjakan telegraph, dia mengembangkan gagasan dasar yang baru bagi telephone, percobaan yang dilakukan bersama asistennya Thomas Watson akhirnya terbukti berhasil pada tanggal 10 Maret 1876. Serangkaian demonstrasi penggunaan telephone, telah memperkenalkan telephone ke seluruh dunia dan dipimpin oleh perusahaan nya, Bell Telephone Company pada tahun 1877.

Hubungan Handphone dan Radio

Sejarah penemuan telepon genggam tidak lepas dari perkembangan radio. Awal penemuan telepon genggam dimulai pada tahun 1921 ketika Departemen Kepolisian Detroit Michigan mencoba menggunakan telepon mobil satu arah. Kemudian, pada tahun 1928 Kepolisian Detroit mulai menggunakan radio komunikasi satu arah regular pada semua mobil patroli dengan frekuensi 2 MHz. pada perkembangan selanjutnya, radio komunikasi berkembang menjadi dua arah dengan ‘’frequency modulated ‘’(FM). 


No comments :

Post a Comment