pages

Saturday 1 October 2016

Sejarah Permainan Sepak Bola

infosahabat.com

Sepak bola adalah salah satu cabang olah raga yang sangat di gemari pada abad ke-21 ini, pasalnya, permainan ini telah mampu menyedot jutaan pasang mata dari berbagai belahan dunia kelayar kaca ketika permainan ini dimainkan oleh tim dan club-club favorit mereka masing-masing.

Gemuruh suporter seakan meruntuhkan langit diberbagai belahan dunia ketika FIFA menyelenggarakan ajang empat tahunan sekali yakni piala dunia (world cup), akan tetapi tahukah anda dari mana asal-usul permainan sepak bola yang telah berhasil membuat kita kecanduan untuk menyaksikan setiap permainan yang disajikan oleh channel televisi tersebut.

Berkenan dengan darimana asal-asul sepak bola tersebut memang sangat susah untuk kita menggalinya, karna segala sesuatu yang berkenaan dengan sejarah bukanlah hal yang mudah untuk kita menelusurinya.

Ada banyak sumber yang mengatakan tentang asal-usul permainan sepak bola tersebut, tentunya dari masing-masing sumber pastinya berbeda-beda kapan dan darimana asal-usul permainan sepak bola itu.

Jika kita mencari tentang sejarah asal-usul permainan sepak bola tersebut maka kita akan menemukan seperti dibawah ini, ada perbedaan yang mendasar kapan dan darimana awal mula permainan sepak bola tersebut, diantaranya adalah

a.  Sejarah olah raga sepak bola dimulai sejak abad ke-2 dan -3 sebelum Masehi di Cina. Di masa Dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil yang disebut dengan tsu chu.

b.  Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari.

c.   Di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai abad ke-16.

d.  Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dan menjadi sangat digemari. Di beberapa kompetisi, permainan ini menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365.

e.  Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan untuk memainkan sepak bola. Pada tahun 1815,sebuah perkembangan besar menyebabkan sepak bola menjadi terkenal di lingkungan universitas dan sekolah. Kelahiran sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan aturan baku untuk permainan tersebut. 

    Bersamaan dengan itu, terjadi pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dengan sepak bola (soccer). Pada tahun 1869, membawa bola dengan tangan mulai dilarang dalam sepak bola. Selama tahun 1800-an, olahraga tersebut dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia. Pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk dan pada awal tahun 1900-an, berbagai kompetisi dimainkan diberbagai negara.

walaupun terdapat banyak perbedaan dengan asal-usul permainan sepak bola, akan tetapi yang pasti permainan sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dengan menetapkan peraturan-peraturan dasar dan menjadi sangat digemari oleh banyak kalangan sampai sekarang dan telah menjadi sebuah permainan yang sangat populer di berbagai belahan dunia.

    

No comments :

Post a Comment