pages

Tuesday 4 October 2016

Sejarah Jam Tangan dan Proses Perkembangannya

evolutioncell.com

Tahukah anda..? ternyata jam tangan juga mempunyai sejarah dan fase-fase perkembangannya sendiri, sama halnya dengan benda-benda lain, jam tangan juga mempunyai perkembangannya sendiri.

Pada zaman sekarang jam tangan bukan hanya dijadikan sebagai alat untuk mendeteksi waktu saja, akan tetapi seiring perkembangan zaman peruntukan jam tangan sudah lebih dari itu, sekarang Jam tangan sudah disulap menjadi barang mewah dan perhiasan yang mempunyai harga cukup fantastis.

Asal Usul Jam Tangan

Jam tangan pertama kali diperkenalkan pada abad ke-16, pada saat itu semua jam tangan dan alat penunjuk waktu lainnya menggunakan mesin penggerak mekanik manual (hand-winding).

Jam tangan tertua yang diketahui adalah jam tangan milik ratu Inggris Elizabeth I yang dibuat oleh Robert Dudley pada tahun 1571. Dari  abad 16 hingga awal abad 20, jam tangan hanya digunakan oleh wanita, sedangkan pria menggunakan jam saku.

Perkembangannya

Dominasi jam tangan bermesin mekanik selama berabad-abad dengan segala keindahan, kerumitan, dan kemewahannya, akhirnya sedikit terganggu dengan hadirnya jam tangan bermesin elektrik yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1957 di Lancaster,PennsylvaniaAmerika Serikat oleh Hamilton Watch Company. Penelitian arloji elektrik tersebut sebenarnya telah dimulai sejak tahun 1946.

Masa Kemajuan

Eksistensi jam tangan elektrik ternyata tidak bertahan lama, hingga Seiko dari Jepang memperkenalkan jam tangan bermesin penggerakquartz (baterai) pertama di dunia, Seiko Astron 35SQ pada tahun 1969. 

Kelahiran jam tangan quartz ini diakui oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) untuk masuk kedalam daftar tonggak sejarah perkembangan ilmu teknik elektro dunia. Jam tangan jenis ini jugalah yang kemudian benar-benar merusak hegemoni industri jam tangan mekanik Swiss. Jam tangan quartz mendominasi pasar, digunakan oleh merek-merek lain, dan menjadi awal perubahan industri jam secara global. Jam tangan yang awalnya diproduksi dengan jumlah yang terbatas dan eksklusif, berubah menjadi produksi massal dengan harga jual yang lebih terjangkau.

Seiring perkembangan zaman, jam tangan yang dulunya hanya dipakai untuk mengetahui informasi waktu akan tetapi sekarang sudah menjadi perhiasan yang super mewah dengan harga selangit bahkan mencapai miliyaran rupiah. 



Sumber: wikipedia.org


No comments :

Post a Comment