pages

Sunday 16 October 2016

Sejarah Singkat Perjuangan Bangsa Indonesia Sebelum Kemerdekaan

Setiap bangsa di dunia ini mempunyai sejarahnya masing-masing dan mempunyai tantangan serta masalahnya tersendiri, perkembangan dan kemajuan peradaban manusia telah membuat manusia dan kelompoknya itu terus menghadapi tantangan yang tidak bisa dielakkan.

Tantangan yang dihadapi oleh bangsa dan kelompok umat manusia dunia ini sangat beragam dan berkelanjutan, hal yang harus dicapai dan menjadi cita-cita setiap bangsa di dunia ini adalah bagaimana caranya agar bangsa, suku, dan rasnya harus hidup makmur dan sejahtera tanpa dihantui oleh rasa takut akan kelaparan dan kemiskinan yang melandai bangsanya tersebut.

Penjajahan Bangsa Barat 

Faktor kesejahtaraan dan kebutuhan yang komplek umat manusia telah mendorong bangsa barat untuk menjajah bangsa lain , seperti bangsa-bangsa yang berada diwilayah asia  timur dan bangsa negroid, bangsa-bangsa barat yang telah memperoleh kemajuan lebih awal dari pada bangsa-bangsa yang berada diwilayah timur telah menyebabkan penjajahan secara brutal dan perampasan kekayaan alam yang berlangsung selama ber-abad-abad lamanya.

Sebelum Lahir Indonesia

Sebelum lahirnya Indonesia, wilayah yang cikal-bakal menjadi wilayah Indonesia tersebut  didiami oleh beberapa suku, ras, budaya yang beragam, wilayah yang terdiri dari ribuan pulau membuat bangsa yang menjadi cikal-bakal bangsa Indonesia tersebut kuwalahan dalam menghadapi penjajahan barat.

Silih berganti panjajah barat datang ke wilayah Indonesia kala itu membuat bangsa Indonesia jenuh dan tersiksa dalam kurun waktu berabad-abad lamanya.

Bangsa-Bangsa Yang Pernah Menjajah Indonesia

A.   Portugis

Bangsa yang pertama menjajah bangsa Indonesia adalah bangsa Portugis yang datang pada tahun 1509, wilayah yang pertama dimasuki oleh Portugis adalah Malaka, penjajahan tersebut dipimpin oleh Alfonso de Albuquerque,  kemudian Portugis berhasil di mengusai Malaka pada 10 Agustus 151.

Setelah berhasil menguasai Malaka kemudian penjajahan berlanjut ke Madura dan ke ternate, suku-suku yang mendiami wilayah Indonesia kala itu tidak serta merta membiarkan bangsa lain menjajah wilayah mereka, seperti masyarakat yang mendiami wilayah Malaka mereka juga melakukan perlawanan namun karena perlengkapan perang yang kurang memadai dan kalah canggih dengan senjata yang dimiliki oleh penjajah Portugis  maka lama kelamaan malaka juga berhasil dilumpuhkan dan bebarapa daerah lain di wilayah Indonesia juga bernasib sama seperti Malaka.

B.   Sepanyol

Keberhasilan bangsa Portugis dalam melakukan penjajahan  ke wilayah Timur terbilang mulus walaupun ada perlawanan dari penduduk setempat, akan tetapi dapat dikatakan bangsa Portugis telah sukses membuat bangsa barat lainnya kagum dan ingin juga mengikuti jejak bangsa Portugis untuk menjajah bangsa Timur.

Bangsa selajutnya yang datang untuk menjajah wilayah Indonesia adalah bangsa Sepanyol, bangsa spanyol juga ingin mencari peruntungan di wilayah Indonesia kala itu, pada saat kedatangan Sepanyol ke wilayah Indonesia saat itu kedudukan Portugis sudah semakin kuat dan kokoh, hal ini membuat Spanyol tidak leluasa dalam melaksanakan ambisinya  karena sudah banyak daerah yang dikuasai oleh Portugis.

Pada tahun  1527 pertempuran antara Ternate dan Tidore tak bisa diellakkan lagi hal ini semua gara-gara penjajahan barat tersebut, pada saat itu Ternate di bekengi oleh bangsa Portugis sedangkan Tidore dibekengi oleh bangsa Spanyol.

Dari persaingan kedua kubu penjajah tersebut telah menelan banyak kerugian yang tak terhingga, yang akhirnya mereka menyadari akan hal tersebut dan berujung pada perundingan kedua belah pihak. Dari perundingan tersebut menghasilkan kesepakatan dari pihak Sepanyol dan Portugis bahwa Maluku berada dalam pengaruh Portugis dan Spanyol memusatkan kekuasaannya di daerah Filipina.

C.   Belanda

Pada tahun 1602 adalah awal penjajah baru datang ke Indonesia yaitu bangsa Belanda, kedatangan bangsa Belanda ke Indonesia merupakan pertanda bahwa berakhirnya penjajahan bangsa Portugis, penjajah Belanda yang dipimpin oleh Cornelius de Houtman masuk ke wilayah Indonesia melalui Banten.

Trik pertama yang dilancarkan oleh Belanda adalah dengan tujuan mencari rempah-rempah dan perdagangan.

Dalam melancarkan aksinya Belanda mendirikan lembaga VOC dan pada tahun 1800 VOC dibubarkan karena pada saat itu mengalami kekalahan dengan bangsa Prancis, setelah VOC dibubarkan tidak serta merta Belanda meninggalkan Indonesia, penjajahan tetap dilanjutkan terhadap bangsa Indonesia dengan cara menyuruh bangsa Indonesia menanam rempah-rempah kemudian hasil dari usaha tanam paksa tersebut dijual kepada pihak Belanda dengan harga yang telah ditetapkan oleh mereka, Belanda adalah penjajah dari bangsa barat yang paling lama menjajah Indonesia penjajahan yang dilakukan kurang lebih selama 3,5 abad.

D.   Jepang

Jepang adalah penjajah terakhir yang menjajah bangsa Indonesia, setelah Belanda yang telah berabad-berabad lamanya menjajah Indonesia kemudian penjajahan dilanjutkan oleh bangsa Jepang, bangsa Jepang adalah sebuah bangsa yang terbilang sangat maju di daerah wilayah Timur.

kedatangan Jepang ke wilayah Indonesia pada tahun 1942 merupakan harapan baru bagi rakyat Indonesia kala itu,karena penjajah Belanda menyerah tanpa syarat kepada pihak Jepang dan Belanda meninggalkan Indonesia, harapan manis bangsa  Indonesia kemudian berubah menjadi kenyataan yang lebih buruk dari sebelumnya, ternyata Jepang juga menjajah Indonesia dan penjajahan yang dilakukan oleh Jepang lebih buruk dan kejam dari penjajah Belanda. 

Inilah bangsa-bangsa yang pernah menjajah bangsa Indonesia sebelum Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945.

  

No comments :

Post a Comment